Belajar Dari Para Pejuang (CERITA-NYA Project #3)

01.44

Oleh Andida Fatinah

Sekolahku, Yayasan Kasih Anak Kanker Bandung.

Selasa, 3 Juni 2014. Ini kesekian kalinya saya berkunjung ke Yayasan Kasih Anak Kanker Bandung (YKAKB), tapi kali ini ada agenda yang berbeda. Saya meluangkan waktu disela – sela deadline sidang skripsi untuk menjadi pengajar volunteer di Sekolahku, yang dikelola oleh YKAKB.


Anak – anak yang belajar disini adalah anak – anak pasien Kanker atau yang kami sebut Pejuang Kanker yang menginap di rumah singgah milik YKAKB. Mereka menginap di rumah singgah sembari menunggu jadwal tindakan, konsultasi atau kemoterapi dari Rumah Sakit. Dan kali ini saya berkesempatan untuk menjadi guru bagi mereka.

Mereka tidak punya jadwal belajar tetap, tanpa seragam dan tanpa perlu pergi ke sekolah yang jaraknya jauh. Kegiatan belajar – mengajar dilakukan di ruangan belajar mereka di rumah singgah, menggunakan baju sehari – hari  dan setelah mereka mandi serta sarapan. Kegiatan belajar - mengajar juga disesuaikan dengan kondisi fisik mereka. Kemarin saya mengajar 3 orang murid TK dan 1 orang murid SD, kelas 6. Kami belajar menulis, membaca, menempel dan matematika.

Kondisi fisik mereka memang lemah, tapi mereka semangat untuk belajar dan mengejar ketertinggalan. Anak – anak ini tetap lincah dan tetap nakal seperti anak – anak pada umumnya.



Mereka semua anak – anak yang luar biasa. Dengan segala kondisi dan keterbatasan, mereka tetap punya cita – cita yang tinggi, tetap semangat belajar dan selalu berusaha untuk menjadi orang yang sukses di masa depan. Saya belajar banyak hal dari mereka. Mereka selalu ceria, tanpa pernah mengeluh dengan keadaan yang mereka hadapi. Mereka juga senang berbagi dengan teman – teman, juga saling menghibur sehingga tidak ada satupun dari mereka yang merasa sedih. Tidak sedikitpun terlihat kalau mereka sedang sakit, karena semuanya mereka jalani dengan Ikhlas. (*)





You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe