Pasukan RDM Ikutan Dimas Diajeng Cilik 2013

00.46


Selamat Muhammad Hanafi dan Addin!

Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2013 adalah ajang pemilihan duta wisata Kabupaten Sleman yang bertujuan memilih bibit baru untuk dapat mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sleman khususnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya. Para pasukan RDM mengikuti proses seleksi mulai tes tertulis, tes wawancara, dan unjuk bakat. Hasilnya terpilih 15 pasang Dimas dan Diajeng yang akan melaju menjadi finalis Dimas Diajeng Cilik Sleman 2013.



Hanafi dan Addin tampak antusias mengikuti rangkaian pemilihan. Setelah terpilih 15 pasang mereka melakukan City Tour keliling objek wisata Kabupaten Sleman, meliputi Museum Gunung Api Merapi, Desa Wisata Grogol, Panti Asuhan Bina Insani, dan Desa Wisata Gamplong. Saat ini mereka sedang mengikuti persiapan grandfinal, salah satunya latihan koreografi. Nantinya mereka akan menari kolosal sepanjang tujuh menit bersama-sama dengan peserta yang lain. Lucu sekali melihat mereka berlatih tarian jawa, ada yang masih canggung, ada yang berkeringat, ada yang menggerutu karena merasa sulit, dan tidak sedikit juga yang menikmatinya. Selain itu mereka juga berlatih cara jalan yang benar`saat menggunakan Baju Pututan  dan Baju Tetesan (baju anak raja), mereka harus berjalan pelan mengikuti irama Gamelan Gati Podhosih. Tempo berjalan adalah 2 kali hitungan 1 langkah, artinya saat pelatih berhitung sampai angka 2, anak-anak baru melangkah 1 kali. Setara dengan tempo 40 jika di keybord.

Apapun yang mereka pelajari dalam pemilihan ini adalah proses pembelajaran yang berguna untuk kehidupan sosial mereka. Bertemu banyak orang memberikan cara pandang yang berbeda terhadap sesuatu. Anak-anak berlatih peka terhadap lingkungan masyarakat dan alam. Menanamkan nilai-nilai positif terhadap anak sejak dini, membantu mereka menjadi agent of change untuk lingkungannya kelak. Semoga Hanafi, Addin, dan Kita saling belajar dan berbagi.

-Putri Arum Sari-

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe