Outing Rumah Dongeng Mentari: "Media Sehat untuk Anak"

09.40

Apa kabar Kakak? Semoga kebahagiaan selalu menemani hari. Seperti kebahagiaan pasukan Rumah Dongeng Mentari saat mengikuti outing Minggu (16/03) lalu.

Outing kali ini sebenarnya adalah bagian dari kampanye media literasi untuk anak. Secara sederhana, media literasi adalah ilmu untuk menggunakan media secara bijak. Tentu kita tahu, hari ini, kita tidak akan terlepas dari media. Di ruang tengah, ada TV yang bahkan bisa tiap saat menyala. Di mobil, ada radio yang selalu ON untuk menemani perjalanan. Di sudut-sudut ruang ada banyak bacaan mulai dari koran sampai majalah yang jelas menggoda untuk dibaca. Di jalanan, mau nggak mau kita pasti liat iklan-iklan di baliho gede yang terpampang di pinggir-pinggir jalan.

Nah, anak kecil adalah insan yang paling rentan terkena terpaan media ini. Selain karena anak adalah peniru yang ulung, kemampuan mereka untuk membedakan mana yang baik dan buruk juga masih kurang. Oleh karena itu, RDM mengadakan literasi media untuk anak melalui kegiatan luar ruang. Ini dia kegiatan kami.

Aktivitas mendongeng, menggambar, menulis, nonton bareng, permainan luar ruangan, dan tantangan seru menjadi kegiatan seru pasukan Rumah Dongeng Mentari hari itu. Ini dia foto-fotonya! :) *terimakasih Mba Tifa dan Mba Desi yang udah motoin*

RDM juga berterimakasih kepada, siapa lagi kalo bukan kakak-kakak keren yang nemenin Pasukan RDM hari itu, selain Mba Arum, Ayu, dan Rona, mereka adalah:

- Kartika Rini
- Mas Kukuh
- Tifa Nurina
- Nur Sauda Al Arifah (Mba Dhanur)
- Desi Martika Vitasari
- Mandira Bienna Elmir
- Syifa Salma
- Mba Risti
- Mba Fitri

Juga untuk shelter ACT atas tempatnya yang kami gunakan.

Kegiatan ini juga berlangsung atas kolaborasi RDM - Mapagama UGM - dan FIM JOSS (Forum Indonesia Muda Regional Jogja)

Sampai jumpa lagi! :)




Wahana tantangan untuk anak-anak. Ada Mba Ayu dan Mas Kukuh yang bikin. Seru dan penuh tantangan. Walaupun pada awalnya tidak semua berani, alhamdulillah pada akhirnya semua pasukan RDM berhasil melewatinya berkat dukungan dari kakak kakak keren :)

 



Pasukan RDM seru banget bermain diluar, dari main kucing-kucingan sampai permainan tradisional gobak sodor!


 

Seru-seruan bareng kakak-kakak dan pasukan memang selalu menyenangkan!



Kita doakan, semoga mereka percaya diri dalam menyampaikan gagasannya nanti. Generasi penerus bangsa untuk Indonesia yang lebih cemerlang. Amin :)
 



Full team!


Ini bagian dari puzzle untuk permainan luar ruang pasukan RDM








Semoga bermanfaat. :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe